Wednesday 13 November 2013

Menangani Sementara VGA Card yang mati akibat kipas pendinginnnya rosak

VGA Card atau graphic card adalah salah satu komponen di komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar ke layar monitor.
Untuk  bekerja dengan baik, pada setiap graphic card dipasang Heat sink (pendingin) untuk melepaskan panas yang dihasilkan agar tidak merosak Chipnya.
Pada tipe-tipe VGA card tertentu, heat sink dilengkapi dengan fan atau kipas, dengan maksud tertentu, agar  pendinginan lebih  baik, lebih optimal.
Permasalahan heatsink atau pendingin yang memakai fan adalah : karena kipas berputar secara mekanik, maka lama kelamaan  bahagian rotor atau stator dari fan akan haus, yang pada akhirnya kipas tidak dapat berputar, dan rosak.

Dengan kondisi VGA card yang pendinginannya rosak, biasanya komputer akan sering hang, gambar mati, atau bahkan komputer sama sekali tidak dapat dinyalakan.

Kalau komputer anda menggunakan VGA / graphic card yang menggunakan kipas/ fan pada pendingin chipnya, dan suatu saat kipasnya berhenti berputar (rosak). Cara yang paling sesuai adalah mengganti graphic card tersebut dengan yang baru. Akan tetapi kalau anda belum bersedia  membelinya, anda masih dapat menggunakan VGA card tersebut tanpa gangguan walaupun kipas pendinginnya mati.
buka  kipas yang mati tersebut, karena lebih baik tidak ada fan/kipas dari pada ada,tetapi tidak berfungsi. biasanya ada sekrup atau baut untuk penahan / penguatnya, bukalah dengan menggunakan screw driver.

Setelah fan dibuka, bersihkan heat sink dari kotoran yang menempel.
Dengan menbuka kipas yang rosak tersebut, VGA card dapat digunakan kembali, apalagi kalau exhaust fan yang dimiliki casing CPU dalam keadaan  bagus (fan besar yang terdapat pada casing CPU), maka akan tidak ada masalah pada VGA card ini, tanpa menggunakan kipas pada pendinginnya.

Sumber : http://www.tipstriks.com/2012/12/menangani-sementara-vga-card-yang-mati.html

No comments:

Post a Comment